3 LANGKAH AMPUH BERJUALAN DI FACEBOOK DENGAN HALAMAN FACEBOOK
Di artikel kali ini kita akan membahas 3 langkah ampuh berjualan di Facebook. Anda dapat membaca artikel ini, mempraktikkan metode yang dibahas dan kemudian mengoptimalkannya. Diharapkan dengan menerapkan 3 langkah ampuh di artikel ini, omzet bisnis online Anda semakin meroket.
Salah satu media yang kerap dipakai dalam pemasaran di Facebook adalah halaman Facebook. Setiap media pemasaran di Facebook punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dalam beberapa hal, halaman Facebook lebih unggul dibandingkan sarana promosi lain seperti akun personal ataupun grup. Namun, untuk beberapa hal lain, halaman Facebook juga punya kekurangan apabila dibandingkan dengan sarana promosi lain di Facebook.
Di tahun 2014 lalu, Facebook telah melakukan banyak perubahan terhadap platform mereka. Salah satunya adalah adanya edgerank. Dengan kehadiran edgerank ini, jangkauan posting di halaman Facebook kian hari semakin mengecil. Misal di halaman Anda ada 10.000 fans. Nah, ketika Anda memublikasikan sebuah posting di halaman tersebut, posting Anda tadi tidak akan langsung terbaca oleh 10.000 fans. Melainkan, posting Anda hanya mampu menjangkau sekitar 500 orang (5 % dari total fans).
Inilah akibat yang ditimbulkan ketika Facebook memberlakukan algoritma edgerank ini.
Lantas, apakah dengan adanya edgerank ini halaman Facebook tetap dimanfaatkan sebagai sarana pemasaran produk?
Tentu saja bisa.Hanya saja perlu strategi dan teknik khusus. Seperti apa langkah-langkah memanfaatkan halaman Facebook sebagai sarana pemasaran sekaligus sarana jualan online? Simak pembahasan lengkapnya dalam artikel berikut ini.
1. Buatlah Halaman Facebook Untuk Bisnis Online Anda
Apabila Anda ingin menggunakan halaman Facebook untuk kegiatan pemasaran online maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat halaman Facebook.
2. Memperbanyak Like di Halaman Facebook dan Membangun Interaksi
Setelah Anda berhasil membuat sebuah halaman di Facebook maka langkah berikutnya adalah Anda perlu memperbanyak like di halaman tersebut. Ibaratkan halaman Anda sebagai sebuah saluran promosi. Ketika orang-orang tidak tahu tentang saluran promosi Anda, maka bisa jadi tidak ada orang yang melihat promosi Anda. Tidak ada orang yang melihat promosi Anda berarti tidak akan ada yang tahu tentang produk Anda.Oleh sebab itu, Anda perlu membangun audiens di halaman Facebook. Orang-orang harus menyukai halaman Anda agar mereka bisa melihat posting/promosi yang Anda bagikan di halaman Facebook. Singkatnya, Anda perlu memperbanyak fans (likers) di halaman Facebook Anda.
Berikut cara-cara untuk memperbanyak like di halaman Facebook Anda :
- Promosikan halaman Facebook Anda di blog/website/toko online Anda. Jika Anda punya sebuah toko online/website/blog, manfaatkan blog/web tersebut untuk promosi halaman Facebook Anda. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk mempromosikan halaman Facebook adalah dengan memasang like box halaman Facebook di blog/web Anda. Contohnya bisa Anda lihat seperti pada gambar di bawah ini. Untuk memasang like box halaman Facebook.
- Promosikan halaman Facebook Anda di berbagai media sosial lain dan fasilitas promosi yang bisa Anda akses. Kunci penting dalam membangun halaman Facebook yang ramai adalah promosi. Tahukah Anda bahwa halaman Facebook Pak Mario Teguh bisa punya belasan juta fans karena halaman tersebut selalu dipromosikan setiap minggu malam di Metro TV (tepatnya di acara Mario Teguh Golden Ways). Halaman kita pun harus selalu dipromosikan agar semakin banyak orang yang tahu tentang halaman Facebook kita. Manfaatkanlah berbagai fasilitas promosi yang Anda miliki. Promosikan halaman Anda di Instagram, Twitter, Google Plus, buku, ataupun berbagai fasilitas promosi yang dapat Anda gunakan.
- Iklankan halaman Facebook Anda. Salah satu kelebihan dari program periklanan Facebook adalah Anda bisa membuat iklan yang ditujukan untuk kalangan tertentu saja. Singkatnya, Anda bisa beriklan dengan sangat efektif dan tertarget di Facebook. Termasuk Anda juga bisa memanfaatkan iklan Facebook (Facebook Ads) untuk mempromosikan halaman Facebook Anda. Memanfaatkan Facebook Ads memungkinkan Anda membangun audiens dengan lebih cepat dan terarah. Untuk belajar beriklan di Facebook, silakan Anda belajar di situs olshopcilegon27@gmail.com
- Sebelum Anda mempromosikan halaman Facebook secara gencar, pastikan
halaman Facebook Anda sudah terisi dengan konten. Apa fungsi dari
konten?
Konten di halaman Facebook berfungsi untuk menjadi wadah interaksi antara Anda (pengelola halaman Facebook) dengan fans di halaman Anda. Agar audiens halaman Anda percaya untuk membeli produk Anda, Anda perlu membangun interaksi dan kedekatan dengan mereka.
Berikut cara membangun interaksi di halaman Facebook :
- Bagikan tips-tips bermanfaat untuk fans di halaman Facebook. Tips yang Anda bagikan harus sesuai dengan kebutuhan dari fans halaman Anda. Contoh, target pasar Anda di Facebook adalah ibu-ibu muda. Anda harus tahu tips apa yang dibutuhkan oleh ibu-ibu muda. Biasanya ibu-ibu muda membutuhkan tips cara merawat anak, cara meningkatkan nafsu makan anak, cara mengobati sakit pada anak, dan berbagai tips mendidik anak. Setelah Anda tahu apa yang mereka butuhkan, bagikanlah konten/tips sesuai kebutuhan mereka. Jika target pasar Anda di Facebook adalah ibu-ibu muda maka bagikanlah tips seperti cara mendidik anak, cara merawat anak, cara meningkatkan nafsu makan anak, dan berbagai tips perawatan buah hati lainnya. Ketika mereka memetik manfaat dari tips yang Anda bagiikan, mereka akan semakin menyukai Anda. Dengan demikian, akan terbangun awareness dan mereka akan lebih yakin untuk membeli produk Anda.
Sebelum Anda mempromosikan halaman Facebook secara gencar, pastikan halaman Facebook Anda sudah terisi dengan konten. Apa fungsi dari konten?
Konten di halaman Facebook berfungsi untuk menjadi wadah interaksi antara Anda (pengelola halaman Facebook) dengan fans di halaman Anda. Agar audiens halaman Anda percaya untuk membeli produk Anda, Anda perlu membangun interaksi dan kedekatan dengan mereka.
Berikut cara membangun interaksi di halaman Facebook :
- Bagikan tips-tips bermanfaat untuk fans di halaman Facebook. Tips yang Anda bagikan harus sesuai dengan kebutuhan dari fans halaman Anda. Contoh, target pasar Anda di Facebook adalah ibu-ibu muda. Anda harus tahu tips apa yang dibutuhkan oleh ibu-ibu muda. Biasanya ibu-ibu muda membutuhkan tips cara merawat anak, cara meningkatkan nafsu makan anak, cara mengobati sakit pada anak, dan berbagai tips mendidik anak. Setelah Anda tahu apa yang mereka butuhkan, bagikanlah konten/tips sesuai kebutuhan mereka. Jika target pasar Anda di Facebook adalah ibu-ibu muda maka bagikanlah tips seperti cara mendidik anak, cara merawat anak, cara meningkatkan nafsu makan anak, dan berbagai tips perawatan buah hati lainnya. Ketika mereka memetik manfaat dari tips yang Anda bagiikan, mereka akan semakin menyukai Anda. Dengan demikian, akan terbangun awareness dan mereka akan lebih yakin untuk membeli produk Anda.
Bagaimana dengan marketing-nya? Sekali lagi, marketing biasanya dipakai untuk membuat orang ingat dengan merek. Kegiatan marketing yang Anda lakukan bisa berupa membagikan konten yang membuat orang-orang ingat dengan merek/alamat toko online Anda. Misal Anda bisa membagikan foto seperti ini di halaman Facebook Anda.
Secara ringkas, inilah tugas Anda apabila Anda memasarkan produk lewat halaman Facebook.
- Meningkatkan jumlah fans di halaman Facebook Anda. Semakin banyak fans berarti semakin besar pula jumlah audiens yang nantinya akan melihat promosi (marketing) tentang produk Anda. Gunakan Facebook Ads untuk mempermudah Anda memperbanyak fans di halaman Facebook. Mau belajar Facebook Ads? ketik daftar nama dan id facebook kirim ke olshopcilegon27@gmail.com
- Membangun interaksi dan melakukan marketing di halaman Facebook. Tak hanya sekadar meningkatkan jumlah audiens di halaman, Anda juga perlu mengisi halaman dengan konten-konten. Entah itu konten untuk membangun interaksi ataupun konten yang sifatnya memasarkan produk Anda.
Jika Anda terinspirasi setelah membaca artikel ini, pastikan Anda memberikan tanggapan melalui kolom komentar yang sudah tersedia.



Tidak ada komentar:
Posting Komentar